Saturday, June 18, 2011

Bersahabat seperti Batang Pohon dan Daun

# 22 Hari Bercerita #2 #
Belajar dari dan melalui cerita. Itulah yang kami lakukan sejak sore tadi. Sudah tiga kali ini kami melakukan hal serupa. Cerita yang kami baca dari buku e 22 Hari Bercerita #2 ini berjudul "Batang dan Daun". Sebuah cerita menarik dan kaya nilai yang ditulis oleh kakak Irene Wibowo.

Persahabatan memang sangat menyenangkan, walau kadang harus diakui bahwa tidak selamanya menyenangkan sebab ada saja tantangan yang mengganggu persahabatan itu. Entah tantangan yang datang dari dalam diri karena sikap egois atau tantangan yang datang dari luar.

Cerita "Batang dan Daun" adalah gambaran tentang sejatinya persahabatan. Persahabatan adalah keluarga kecil yang di dalamnya setiap orang saling mendukung dalam susah atau pun senang. Selalu saja ada badai yang datang menerpa persahabatan kita, namun kita tidak boleh menyerah dan tetap bersama-sama (saling menggenggam) sebab dengan bersama-sama, segala persoalan dapat diatasi.

Persahabatan adalah saling mengasihi dalam tindakan yang nyata. Novren mencontohkan bagaimana menjadi seorang sahabat yang baik. Ketika sahabat kita tidak memiliki pensil atau buku, maka kita harus menolong dengan berbagi pensil atau memberikan buku. Persahabatan juga adalah tidak memandang rendah orang lain, tidak menganggap orang lain bodoh dan tidak memandang miskin dan kaya atau berbeda agama, sebab seperti batang dan daun, kita manusia diciptakan untuk bersahabat.

Hal lain yang penting dari persahabatan adalah saling mendorong untuk terus berubah ke arah yang lebih baik. Seorang sahabat yang baik tidak membiarkan sahabatnya berjalan menuju kegagalan tetapi membantu agar berhasil. Seorang sahabat yang baik tidak membiarkan sahabatnya tinggal dalam keadaan yang buruk, tetapi mengajaknya untuk berubah dan berkembang menjadi semakin baik dari hari ke hari.

Selamat bersahabat! Jadilah sahabat yang baik.

2 komentar:

thanks sahabatku WesLyy..... Bersahabat Selalu Dalam Badai Yang Meneduhkan.....!!!

Terima kasih sudah berkunjung, kak Maryo.. Semoga sukses yaah :)

Salam manis dari kami semua di sini :)

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More