Saturday, August 27, 2011

Gunung Mimpi: Tentang Hari Raya Idul Fitri


# @ Pattimura Park #
Sore ini kami semua turun gunung. Kami hendak pergi belajar dan bermain di Pattimura Park. Ada beberapa kawan kami yang hendak pergi Berbuka Puasa bersama di Gedung DPRD Kota Ambon, namun karena kendala transportasi, mereka terlambat dan akhirnya bergabung dengan kami di Pattimura Park.
Satu mobil angkutan umum yang penuh sesak mengantar kami ke kota. Begitu tiba di Pattimura Park, kami belajar menulis. Topiknya sederhana, yakni apa saja yang kami semua ketahui tentang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran dan berbagai hal di sekitarnya, misalnya bulan Ramadhan, yakni bulan puasa. Kami dibagi dalam 4 kelompok untuk mendiskusikan hal ini.
Berikut ini pandangan Anak-Anak Gunung Mimpi tentang Hari Raya Idul Fitri dan bulan Ramadhan. Harap dimaklumi jika ada banyak kekurangan bahkan kekeliruan sebab pada dasarnya kami semua beragama Kristen dan jarang sekali berjumpa dengan kawan-kawan yang beragama Islam. Kawan dan kakak semua yang lebih mengetahui tentang Idul Fitri dan Ramadhan kiranya bisa mengoreksi pendapat kami tentang hal itu.
# Belajar di Pattimura Park #
Ini pandangan kawan-kawan dari masing-masing kelompok
Cowok-Cowok Keren
Menurut kawan-kawan dari kelompok “Cowok-Cowok Keren”, Idul Fitri adalah hari yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia dan itu juga adalah hari untuk bermaaf-maafan. Di hari ini tidak boleh bertengkar, begitu juga selama bulan Ramadhan.
Bougenvile Sweet
Idul fitri adalah hari di mana semua umat muslim merayakan hari kemerdekaan mereka. Sebelum Idul Fitri mereka berpuasa karena memang diharuskan oleh agama. Mereka juga dilarang makan makanan yang dianggap haram, seperti daging bagi dan daging anjing. Dalam berpuasa mereka diharuskan untuk menjalankan beberapa peraturan yaitu (1) bangun pagi untuk sholat dan kemudian sahur; (2) berpuasa dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam; (3) Sholat Magrib dan berbuka puasa.
Dalam berbuka puasa mereka harus minum air putij kemudian makan makanan yang manis dan enak. Makanan itu bisa berupa buah Kurma, Es Pisang Ijo, Es Buah, Asida, dan lain sebagainya. Supaya puasanya penuh mereka harus menahan diri dari godaan, bersihkan hati dan saling menolong.
The Best
Menurut kawan-kawan The Best, Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang nanti akan dirayakan pada tanggal 30 bulan ini atau tanggal 1 bulan depan. Hari raya Idul Fitri juga adalah hari untuk saling memaafkan, contohnya orang yang suka berbuat jahat pada orang tuanya akan meminta maaf menjelang hari raya Idul Fitri.
Rajawali
Hari lebaran kali ini adalah hari lebaran yang ke 1443 Hijriah. Di bulan ini umat muslim harus saling memaafkan dan saling menghormati satu sama lain. Sebelum mereka merayakan lebaran mereka harus berpuasa selama satu bulan penuh. Mereka tidak boleh makan karena mereka akan makan pada pukul 06.30 sore dan pukul 04.00 pagi. Jika hari raya telah tiba, mereka sangat senang dan gembira dan menyalakan kembang api dan petasan. Ada juga yang pulang ke kampung halaman. Itulah lebaran yang kami tahu. Lebaran yang sangat menyenangkan bagi umat muslim dan kita harus menghormati mereka walaupun mereka berbeda agama dengan kita.
Demikian pandangan-pandangan tentang Hari Idul Fitri. Semoga kakak dan kawan semua bisa memberi penjelasan yang lebih baik untuk mengoreksi pandangan-pandangan di atas.
Salam manis dari kami semua di Gunung Mimpi

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More