Saturday, July 16, 2011

Bermain lalu Bermain Sambil Belajar

# Gunung Mimpi #

Sudah banyak orang yang dengan kesungguhan hati dan niat yang tulus datang dan mengajar di Gunung Mimpi. Banyak model perjumpaan yang tercipta antara anak-anak Gunung Mimpi dan semua orang yang datang. Mulai dari perjumpaan yang santai, serius, gembira, sukacita, dan sebagainya. Hari ini ada perjumpaan unik yang terjadi di Gunung Mimpi.
Sekitar pukul 1 siang, kakak-kakak mahasiswa dari FE Akuntansi 2010 – Universitas Pattimura tiba di rumah tempat kami belajar. Mereka tampak bersemangat, tetapi kami belum seberapa yang hadir di rumah ini. Akhirnya, kakak-kakak ini pun menunggu. Bersabar menyaksikan beberapa kawan yang masih bermain dan belum mau belajar. Kesabaran itu pun berbuah! Kawan-kawan yang sedang bermain diajak oleh kakak-kakak untuk bermain di dalam rumah. Siang ini, rumah tempat kami belajar serentak berubah jadi ramai. Permainan diselingi pertanyaan-pertanyaan tentang perkalian, penjumlahan, dan pembagian pun meramaikan perjumpaan kami dengan kakak-kakak yang datang hari ini. Kami diberi satu buah buku dan pensil jika berhasil menjawab pertanyaan kakak-kakak.

Perjumpaan hari ini dimulai dari bermain lalu bermain sambil belajar bersama kakak-kakak yang sabar. Rumah ini semakin ramai dan satu per satu kawan-kawan mulai datang. Ada yang datang dan tinggal, namun ada juga yang datang lalu pergi. Ada yang serius belajar, ada pula yang sepertinya masih ingin bermain. Tapi begitulah perjumpaan hari ini!
# Bermain sambil Belajar #
Hari ini ada tujuh orang kakak yang datang ke sini. Kak Heni, Kak Iis, Kak Ghusye, Kak Rina, Kak Yanti, Kak Herman, dan Kak Firda. Kak Heni mengajar kawan-kawan kami yang sedang duduk di bangku SMP dengan pelajaran pengetahuan alam yaitu tentang populasi dan ekosistem sedangkan pelajaran bahasa Inggris yang dibelajarkan adalah tentang bagaimana memperkenalkan diri dalam bahasa Ingris. Kak Heni dibantu oleh Kak Firda pada saat belajar tadi. Karena rumah ini telah penuh maka Kelas pengetahuan alam dan bahasa Inggris berlangsung di depan rumah.
# Kelas IPA dan Bahasa Inggris #
Kawan-kawan yang masih SD terbagi dalam beberapa kelas. Ada kelas Belajar Menulis, kelas Matematika dan Bahasa Inggris. Kawan-kawan di kelas Matematika diajari oleh Kak Rina, Kak Herman, dan Kak Iis. 
# Kelas Matematika 1 #
Pelajaran Matematika tentang Perkalian, Pembagian, dan Penjumlahan pun dibelajarkan dan kakak-kakak ini dengan sabar mengajar kawan-kawan kami. Kelas Matematika untuk SD ini juga ada dua kelas, di kelas yang satunya itu ada Kak Yanti yang dengan sabar mengajar adik kami Ona untuk menghitung.  Usai belajar Matematika, mereka belajar bahasa Inggris, khususnya tentang nama-nama hewan. Mulai dari nama-namanya, cara mengucapkannya dan cara menuliskannya dalam bahasa Inggris. 
# Kelas Matematika 2 #
Di Kelas menulis, ada Kak Ghusye dan Kak Iis yang dengan sabar mengajar adik kami Brinet untuk menulis angka dan huruf.   Kak Iis juga membantu di Kelas Matematika. Hal paling baik dari kakak-kakak ini adalah mereka semua begitu sabar untuk mengajar kami, walau ada kawan-kawan yang terus bermain saat sedang belajar.
# Ona sedang menghitung, Brinet berlatih menulis #
Di akhir perjumpaan kami hari ini, kami duduk dan berdoa bersama mensyukuri semua yang Allah berikan kepada kami lewat kakak-kakak ini. Kawan-kawan menyampaikan terima kasih, harapan dan doa kepada kakak-kakak semoga Allah memberkati mereka. Ada kawan-kawan kami yang berpantun untuk menutup perjumpaan kami hari ini. Pantunnya lucu dan membuat kami semua tertawa gembira. Kami pun beranjak dari rumah tempat kami belajar. Kakak-kakak harus kembali pulang, menempuh jalan menurun dan licin menuju rumah masing-masing dan kami juga pulang ke rumah kami.
# Kak Rina & Kak Firda usai mengajar #
Sekian cerita tentang perjumpaan dengan kakak-kakak FE Akuntansi 2010 hari ini. Sekarang kami semua mau pergi ke gunung untuk persiapkan kegiatan menanam pohon untuk merayakan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2011 yang sudah dekat. Semoga kakak-kakak tiba di rumah dengan selamat. Terima kasih untuk semua yang sudah diberikan kepada kami. Semoga sukses menggapai apa yang diimpikan! Salam manis dari kami semua di Gunung Mimpi!

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More