Friday, July 1, 2011

ReKrea+if (Remaja Kreatif)

*Refleksi khusus untuk Remaja 

Masa yang paling indah adalah masa remaja
Masa yang paling menyedihkan adalah masa remaja
Masa yang paling ingin dikenang adalah masa remaja
Masa yang paling ingin dilupakan adalah masa remaja

# @guNungMimpi Project #
Waktu terus berjalan dan betapa tidak, ia mengantarmu masuk dunia remaja. Dunia yang warna dasarnya adalah keceriaan dan mimpi. Mulai dari cita-cita, cinta, persahabatan, kegemaran, dan banyak mimpi lain yang membuat kamu merasakan betapa hidup ini sungguh sangat indah. Masa remaja adalah dunia di mana segalanya mulai berubah, entah berubah secara alami atau sengaja kamu ubah sesuai keinginanmu. Pilihan pakaian mulai dari model hingga warna, gaya bicara, pertemanan, dan sebagainya. Ini adalah contoh perubahan yang kamu alami karena pengaruh dari luar dan keinginan dari dalam diri. Pada saat yang sama ada perubahan yang tidak bisa kamu tolak. Inilah perubahan alami sesuatu kodratmu sebagai manusia yang masih muda. Kamu bertumbuh dan itu tidak bisa kamu tolak. Perhatikanlah tubuhmu dan kamu akan tahu bahwa segalanya berubah.

Perubahan tubuh ternyata membuat pikiranmu dan orientasi hidupmu juga berubah. Kamu yang semulanya senang bermain dan tidak peduli walau bajumu kotor dan rambutmu tidak mengikuti bintang iklan atau bintang sinetron di televisi, sekarang mulai peduli dengan penampilanmu, mulai dari rambut sampai kuku jari kakimu. Oh iya, satu hal lagi, kamu mulai agak malu jika harus bekerja sama dengan remaja lain yang berbeda jenis kelamin denganmu. Perubahan lanjutan dari ini adalah kamu mulai mencari-cari akan jadi orang seperti apa dirimu. Di sini, kamu punya banyak pilihan. Ada yang senang berpenampilan dan berlaku dan ingin menjadi pribadi yang tenang, ada yang ingin menjadi pribadi yang slengean, ada yang ingin jadi pribadi yang lucu. Ya, semuanya adalh pencarian diri atau yang oleh para ahli disebut pencarian identitas. Kami mungkin ingin menjadi seperti kakak perempuan atau kakak laki-lakimu, atau ingin menjadi sama seperti bapak dan ibumu, atau ingin menjadi seperti guru idola, atau artis idola, atau pemain sepak bola idolamu. Kamu sedang mencari-cari jati diri.

Dalam masa pencarian jati diri, kamu tentu tidak langsung memilih dan tetap pada pilihan itu. Namanya juga mencari pasti ada saja hal-hal baru yang ingin kamu kenali. Karena kamu sedang mencari dan terus mencari maka pada saat itulah kamu berada dalam kondisi pikir dan rasa yang gampang berubah. Inilah yang membuat para ahli mengatakan bahwa masa remaja itu adalah masa di mana kamu menjadi orang yang labil, gampang sekali dipengaruhi oleh keadaan atau orang lain di sekitar kamu.

Jika dirimu berada dalam keadaan yang gampang dipengaruhi oleh lingkungan (iklan tv, kata orang lain, dan lain-lain), maka di saat itulah kamu harus waspada atau hati-hati untuk menentukan pilihan. Ada banyak contoh sederhana di sekitar kamu yang bisa kamu amati. Misalnya, model rambut. Hampir semua teman sebayamu mengikuti model rambut artis atau atlit yang mereka idolakan, bahkan ada yang nekad meluruskan atau mewarnai rambut agar sama dengan idola mereka. Nah, ada satu hal penting yang harus kamu ketahui tentang rambut. Ini khusus, untuk kamu yang berambut keriting atau ikal. Belakangan ini banyak iklan yang berkaitan dengan produk perawatan rambut, misalnya shampoo selalu menampilkan orang yang berambut lurus sebagai model. Akhirnya, banyak teman-teman kamu yang ikut-ikutan meluruskan rambutnya. Satu hal harus kamu ingat, "rambutmu yang keriting itu bukan penyakit dan karena keriting itu bukan penyakit, maka kamu sama sekali tidak membutuhkan obat pelurus rambut untuk memaksanya menjadi lurus". Kamu akan tetap cantik dan tampan dengan rambutmu yang asli.

Ada contoh lain di masa pencarian jati diri yang bisa membuatmu salah arah. Misalnya, Narkoba. Kamu tahu bahwa sekarang ini 75 % pengguna Narkoba dan rata-rata pengidap HIV/AIDS di Maluku adalah teman-teman kamu yang seusia dengan dirimu. Ini adalah akibat rasa ingin tahu dan keadaan dirimu yang gampang terpengaruh. Oleh karena itu, untuk terhindar dari Narkoba atau segala sesuatu yang bisa menghancurkan masa depanmu, maka kamu jangan malu untuk bertanya kepada orang yang sudah dewasa. Kamu bisa bertanya kepada orang tuamu atau kakak-kakakmu atau orang yang kamu anggap bisa memberi nasehat dan pertimbangan yang bijaksana. Ingat, jangan bertanya pada satu orang saja, tanyakanlah pada beberapa orang agar kamu bisa membandingkan mana yang lebih baik. Tapi satu hal yang pasti, kamu tidak perlu ikut-ikutan pakai Narkoba, karena yang terjadi nanti kamu malah menderita. Kalau ada teman kamu yang bilang Narkoba itu nikmat, maka ingatlah bahwa nikmatnya hanya sesaat dan  penderitaannya panjang sekali. Kakak yakin, kamu tidak ingin jadi seorang pemakai Narkoba. Tapi jika kamu sudah terpengaruh dan memakai Narkoba, maka sebaiknya kamu memutuskan untuk berhenti dan mencari orang yang dapat menolong kamu.

Kamu sudah bisa mengerti kutipan di awal tulisan ini, bukan? Jika kamu salah memilih, maka masa remaja akan jadi masa yang paling ingin kamu lupakan, namun jika kamu memilih untuk melakukan hal-hal yang baik, maka masa remajamu akan jadi masa yang akan kamu kenang dengan tersenyum bahagia. Ya, sekarang semuanya tergantung pada diri kamu sendiri. Kamu bebas memutuskan apa yang akan kamu lakukan, tapi ingat kamu tidak dapat menentukan akibat dari tindakan kamu itu. Kamu bisa memilih untuk memakai Narkoba, tapi ingat kamu tidak bisa lepas dari pengaruhnya yang membuat dirimu hidup tanpa harapan, tanpa masa depan.

Sebaiknya, kamu memilih untuk mengisi masa remajamu dengan kegiatan-kegiatan yang berguna sesuai kegemaran kamu. Misalnya, kamu bisa mengajak teman-teman sepergaulanmu untuk bikin kelompok belajar atau kelompok seni, baik seni tari, seni musik, dan sebagainya untuk menyalurkan kegemaran dan potensi yang ada pada diri kamu. Kamu bisa juga mengisi masa remajamu dengan bersastra bersama teman-teman lain yang juga menyukai sastra (menulis puisi, cerpen, dan sebagainya). Jika kamu suka berada di alam terbuka atau cinta alam, maka kamu bisa mengajak teman-teman untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang asik dan bermnfaat, misalnya berkebun di pekarangan, menjelajah hutan sambil tanam pohon, melindungi lingkungan dari bahaya libah dan sampah plastik atau jika kamu suka dan berpotensi di bidang olahraga apa saja, kamu bisa memanfaatkan masa remaja ini untuk berlatih dan meraih prestasi. Konon, kata orang tua, "saat masih remaja, kamu lebih mudah menyesuaikan diri atau meningkatkan kemampuanmu daripada menunggu sampai kamu dewasa".
---
Ada banyak kakak dan kawan-kawan yang seusia dengan kamu yang bersedia dengan segenap hati dan gratis tentunya untuk mendengar pertanyaan kamu dan memberi pertimbangan-pertimbangan atau berbagi ide tentang hal-hal baik yang bisa kamu lakukan di masa remaja, masa yang penuh keceriaan dan mimpi tentang masa depan.

Kamu bisa gabung di sini:
reKREA+IF [Remaja Kreatif]

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More